Belajar Banyak Soal Makhluk Hidup di Museum Biologi UGM

Museum biologi, bisa menjadi pilihan terbaik kamu. Museum yang letaknya di Universitas Gadjah Mada ini memang punya ragam koleksi lengkap mengenai flora dan juga fauna. Untuk menambah ilmu pengetahuan mengenai makhluk hidup, tentu akan sangat cocok jika museum ini kamu kunjungi. Telah banyak kunjungan yang bertujuan untuk belajar datang ke museum ini. Biasanya mereka datang dengan rombongan. Jika kamu mengingingkan hal sama, tentu itu juga bisa kamu lakukan. Di museum ini kamu biasa melihatĀ  herbarium berukuran besar. Baik itu yang basah maupun yang kering. Tidak sampai disitu, beragam jenis hewan yang diawetkan juga bisa kamu temukan. Dijamin seru dan sangat mengasyikkan. Tujuan dibangunya museum ini ialah untuk masyarakat umum dan juga untuk pendidikan.

Adapun koleksi yang bisa ditemukan pada museum ini sebagian besar berasal dari Indonesia, sedangkan untuk sisanya berasal dari luar negeri. Adapun koleksi yang berasal dari luar negeri merupakan sumbangan dari para peneliti, dosen, maupun masyarakat. Beberapa koleksi binatang langka yang wajib dilindungi, misalnya saja seperti komodo, harimau, beruang madu, trenggiling, burung cendrawasih, dan buaya putih. Sedangkan untukkoleksi tumbuhannya meliputi koleksi tumbuhan tumbuhan tinggi (Spermatophyta) sampai dengan koleksi tumbuhan rendah (Cryptogamae. Tidak sampai disitu, karena masih ada dengan koleksi yang diawetkan dalam bentuk herbarium basah sebanyak 350 buah dan herbarium kering sebanyak 1672 species dari 180 familia.

Akses Menuju Museum Biologi

Museum Biologi Jogja

Museum Biologi Jogja

Tidak akan lengkap rasanya jika belum membahas akses menuju museum biologi ini. Jika kamu memulai perjalanan dari stasiun Lempuyungan, maka rute yang harus dilewati adalah jalan Hayam Wuruk dilanjutkan ke arah selatan hingga sampai ke museum. Namun, Jika kamu ingin mengambil jalan sedikit memutar, kamu bisa lewat Jalan Letkol Subardi dilanjutkan dengan perjalanan menuju ke arah Jalan Raya Jogja. Tidak sampai disitu, kamu harus menuju arah barat yang berjarak sekitar 500 meter. Letak museum ini ada di tepi Selatan jalan.

HargaTiket Masuk Museum Biologi

Terkait harga tiket, museum ini juga memberlakukan tarif bagi para pengunjungnya. Adapun harga tiket masuk Museum Biologi UGM Yogyakarta hanya lima ribu rupiah untuk kategori pelajar, untuk pengunjung umum, tiket masuk yang dikenakan sebesar tujuh ribu rupiah. Adapun harga lain akan diterapkan untuk wisatawan asing yang ingin berkunjung. Masing-masing wisatawan dikenakan tiket masuk sebesar lima belas ribu rupiah per wisatawan. Jika kamu ingin mengunjungi Museum Biologi UGM, disarankan untuk datang pada hari Senin sampai Jumat. Museum Biologi UGM ini bukau dari jam 7.30 pagi hingga pukul 16.00 sore. Tetapi harus diingat bahwa hari Jumat, Museum tutup lebih siang, yakni pukul 15.00 sore.

Aktivitas di Museum Biologi

Beragam aktivitas menarik tentu sudah menanti kamu di museum ini. Belajar memahami makhluk hidup dari koleksi-koleksi yang telah tersedia di museum ini tentu menjadi kunci utama. Oleh karenanya, kamu bisa mempersiapkan buku catatan dan mengingat baik-baik apa saja yang sudah kamu temui di dalam museum. Ingatlah untuk selalu memperhatikan aturan yang telah tersedia. Menjadi pengunjung museum yang bijak adalah keharusan bagi kamu. Jangan sampai merusak koleksi yang ada. Bila ingin mengabadikan gambar di dalam, perhatikan dengan seksama aturan yang ada.

Itulah informasi mengenai destinasi Museum Biologi, mulai dari akses menuju lokasi, harga tiket masuk hingga aktivitas yang bisa dilakukan disana. Jika tertarik, maka sudah saatnya kamu mempersiapkan diri. Jangan lupa mengajak sanak keluarga agar mereka turut mendapatkan pengetahuan mengenai biologi. Belajar itu memang mengasyikkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *