Berwisata Sejarah ke Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja kembali menawarkan kesan wisata sejarah untuk wisata kamu. Tentu sangat sayang jika dilewatkan. Menambah ilmu pengetahuan sekaligus mengenal sejarah di masa lampau adalah proses yang sangat memperkaya stok ilmu. Monjali adalah sebutan lain dari monumen Jogja kembali. Monumen ini merupakan lambang yang menandakan kembali berfungsinya pemerintahan Republik Indonesia. Otomatis pada saat itu Belanda sudah mundur dari kota Yogyakarta. Monumen ini juga menjadi sejarah kembalinya Presiden Soekarno dan Mohammad Hatta disertai pejabat lainnya pada 6 Juli 1949 setelah diasingkan.

Adapun rancangan menarik dari monumen ini adalah bentuknya yang menyerupai gunung. Ternyata ini sengaja dibuat untuk menggambarkan kesuburan dan pelestarian budaya dari nenek moyang terdahulu. Tempat bangunan ini terletak pun mengikuti budaya Jogja yaitu berada pada sumbu imajiner yang terhubung atas Merapi, Tugu, Kraton, Panggung Krapyak dan Parangtritis. Untuk menemukan titik imajiner monumen ini, kamu bisa naik ke lantai tiga.

Monumen Jogja kembali

Monumen Jogja kembali

Akses Menuju Monumen Jogja kembali

Nah, bagi kamu yang sedang mencari tau akses menuju museum ini, berikut beberapa akses yang bisa memberi petunjuk.

  • Dari stasiun tugu

Jika kamu ada di stasiun tugu, maka jarak ke Monjali kurang lebih 2 km. Kamu bisa menggunakan ojek maupun taxi. Selain itu, kamu yang ingin menggunakan jasa angkutan umum berupa Kobutri ambillah jalur 17 kemudian turun di Pingit, setelah itu lanjutkan dengan menaiki bus jurusan Tempel dan turun di Ringroad. Jika sudah sampai di Ringroad kamu bisa jalan kaki atau naik becak menuju Monjali.

  • Dari Bandara Adisucipto

Untuk kamu yang mengawali perjalanan dari bandara Adisucipto bisa menaiki bus Transjogja yang datang setiap 15 menit. Jangan lupa untuk bertanya terlebih dahulu kepada petugas terkait jalur Monjali. Selain bus kamu bisa memilih menaiki taxi. Tentu saja akan lebih cepat sampai. Namun ingat untuk pandai dalam menawar taxi yang tidak menggunakan argo. Selain taxi, ojek juga bisa menjadi pilihan. Lagi-lagi jangan lupa untuk bijak dalam menawar harga.

  • Dari Terminal Giwangan

Jika kamu berasal dari terminal Giwangan, ada dua pilihan yang bisa kamu naiki untuk sampai ke Monjali. Pertama menaiki bus Transjogja dan kedua naik bus jurusan Tempel dan dilanjutkan denga naik becak atau jalan kaki.

  • Dari stasiun Lempuyangan

Jika kamu berasal dari stasiun Lempuyangan, kamu bisa menggunakan ojek maupun taxi untuk mencapai lokasi Monjali.

  • Dari Terminal Jombor

Untuk kamu yang yang ada di terminal Jombor bisa menggunakan bus TransJogja untuk sampai di Monjali. Selain itu kamu bisa memilih menggunakan becak ataupun jalan kaki.

HargaTiket Masuk Monumen Jogja kembali

Mengenai harga tiket,  untuk bisa memasuki monumen ini biaya yang dikenakan ialah sebesar Rp.10.000,- per orang. Fasilitas yang tersedia di sekiar Monjali ialah parkiran, taman Pelangi, toilet, rumah makan dan lain-lain.

Aktifitas di Monumen Jogja kembali

Adapun aktivitas yang bisa kamu lakukan di dalam Monjali ialah menyaksikan beragam ko koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi perjuangan rakyat Indonesia khususnya Yogyakarta merebut kemerdekaan. Adapun sisi unik di sini ialah kamu bisa menemukan suatu ruangan khusus yang diberi nama hening.  Bagi kamu yang ingin suasana keheningan  sekaligus ingin mendoakan para pahlawan yang telah gugur, maka ruangan ini sangat cocok untuk kamu. Ruangan ini berada di lantai paling atas yakni lantai empat. Selain itu, kamu bisa melihat ragam ragam replika, termasuk replika pesawat Cureng.

Nah, itu dia informasi mengenai destinasi Monumen Jogja kembali, mulai dari akses menuju lokasi, harga tiket masuk hingga aktivitas yang bisa dilakukan disana. Jika tertarik, maka sudah saatnya kamu mempersiapkan diri. Jangan lupa mengajak sanak keluarga agar mereka turut mendapatkan edukasi sejarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *